7 Alasan Rhoma Irama Tidak Kolaborasi dengan Iwan Fals

1
RAJA DANGDUT: Rhoma Irama (Foto: Surya Aka/kadenews.com)

Oleh: Surya Aka Kadenews

TIDAK Duetnya Raja Dangdut Rhoma Irama dengan musisi besar Iwan Fals di JCC Jakarta Kamis malam (11/1), patut disayangkan banyak pihak. Baik di kalangan penggemar di FORSA (Fans Of Rhoma and Soneta) maupun fans Iwan di Orang Indonesia (OI).

Sebab dalam sejarah 47 tahun Soneta berdiri belum pernah berkolaborasi dengan Iwan. Padahal Rhoma pernah kolaborasi dengan Slank, Ungu, Padi, Dewa, DMassive, Bagindas, Wali, Radja, Krisdayanti, Yuni Shara, Rosa, Gita, Gigi, ADA, dll.

Kolaborasi adalah perpaduan dua atau lebih musisi dalam suatu lagu. Misalnya Rhoma membawakan lagunya Ungu diiringi Soneta. Atau DMassive membawakan lagu Begadang versi DMassive.

Kali ini Rhoma dan Iwan bertemu dalam konser di gedung JCC. Tetapi pertemuan kali inipun belum beruntung. Karena Indosiar memang tidak mengagendakan kolaborasi. Mengapa?

Berikut 7 alasan Rhoma dan Iwan tidak berkolaborasi.

1. Kontrak
Seorang artis bernyanyi mengikuti isi kontrak perjanjiannya. Kalau di pasal kontrak tidak ada kewajiban kolaborasi, berarti sang artis merasa tidak wajib berkolaborasi.

2. Pekerjaan Besar
Kolaborasi itu bagi artis dan musisi adalah pekerjaan besar. Menghafal lagu karya orang. Memainkan musik yg belum pernah dibawakan, dg personilnya dari nol sampai jadi sesuatu yang tidak mudah.

3. Sama membuat lagu baru
Membawakan lagu karya orang, apalagi duet, hakikatnya sama dengan membuat musik dan lagu baru. Tenaga energi dan kreatifitas dikerahkan. Tentunya terkait dana dan tenaga.

4. Makin sulit makin mahal.             Sebagai jasa penghibur ada tingkat kesulitan dalam pelaksanaan pentas. Biasanya makin sulit makin mahal biaya kontraknya. Dalam soal kolaborasi Rhoma dan Iwan dapat dilakukan jika diaepakati dari awal.

5. Tidak Mau Tampil tanggung.
Membawakan lagu orang lain harus bagus. Lebih bagus dari aslinya.
Sedangkan kalau membawakan lagunya orang lain hasilnya kurang bagus juga bisa menjatuhkan nama sang Legend.

6. Waktunya kurang tepat
Moment Ultah Indosiar dg tampilnya artis-artis papan atas waktunya akan banyak dibagi-bagi. Bila fokus ke Rhoma dan Iwan bisa mengurangi makna artis lainnya.

7.Menunggu Moment Berikutnya

Pihak Indosiar masih punya waktu utk suatu saat dibuat event khusus duet Rhoma v Iwan. Rhoma v GoodBless atau Rhoma v Malik DEseential dll.
Selamat menyaksikan Konser Luar Biasa Ultah 23 Tahun Indosiar. Kamis 11 Januari Live 19.00. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here