Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Pamekasan Serentak 2019

0
PEMERIKSAAN PASUKAN:  Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo bersama Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Dandim 0826 Pamekasan memeriksa Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 2019. (Foto: prasetiawan/kadenews.com)

PAMEKASAN – KADENEWS.COM : Apel gelar pasukan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, berlansung di Stadion Madura Ratu Pamelingan. Selasa (10/09/2019).

Gelar pasukan gabungan terdiri Polri didukung TNI, dan Satpol PP Pamekasan dengan inspektur upacara Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo, S.I.K.

Kemudian dilanjutkan pemeriksaan pasukan oleh Kapolres bersama Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Wabup Pamekasan Roja’e didampingi Forkopimda dan Sekdakab Pamekasan.

Kapolres Pamekasan mengatakan, tahapan demi tahapan telah dilaksanakan oleh panitia pemilihan kepala desa (P2KD) dari masing-masing desa yang melaksanakan Pilkades serentak tahun 2019 dengan pengamanan maksimal dari Polri dibantu TNI dan instansi terkait.

Ia menekankan beberapa hal di antarnya menyiapkan mental dengan keimanan dan ketaqwaan, komitmen moral, displin kerja yang tinggi, melaksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab.

Selain itu, lanjutnya, harus mengenali karakteristik wilayah, melaksanakn tugas secara profesional dengan koordinasi dengan unsur pelaksana di lapangan.

“Sebelum 60 menit pemilihan, petugas harus sudah berada di tempat pengumutan suara. Perwira pengendali harus mengecek setiap personel keamanan dan kordinasi dengan P2KD,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kekacauan,  kata Kapolres, petugas  perlu memonitor perkembangan situasi setiap TPS dan meningkatkan kewaspadaan.

Kapolres juga mengimbau masyarakat  tidak membawa senjata tajam dan api, dan alat berbahaya lainya ke TPS.

“Jaga sinergitas antara petugas keamanan, jika petugas TPS tidak dapat mengendalikan situasi segera laporkan secara berjenjang untuk menambah kekuatan bantuan personel,” ujarnya.

Setelah sambutan Kapolres dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Deklarasi Pilkades Damai 2019 oleh kandidat calon kepala desa.

Selain itu, penandatanganan disaksikan Bupati dan Wabup Pamekasan didampingin Forkopimda dan Sekdakab Pamekasan, Ir. Totok Hartono, selaku panitia Pilkades serentak 2019 Kabaten Pamekasan.

Usai acara Bupati dan Kalpores serta penjabat Fokopimda menaiki kendaraan Rantis Amfibi Kompi 516 Beranjangan untuk konvoi keliling kota Pamekasan. (pras/ian)